Pengenalan GUI dalam Unity3d | IndCreate

Pengenalan GUI dalam Unity3d

         Sebelumnya dah pada tau gunanya engine unity3d kan?  Yup unity3d adalah software untuk membuat game baik 2d maupun 3d. Yang belum punya bisa download dulu softwarenya disini
       
         Kali ini ane mau share mengenai gui
Apa itu GUI?
      GUI adalah element pendukung dalam game gui bisa berupa teks, texture2d, button dan lain".
untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini:



Setelah tau apa itu gui akan saya jelaskan cara penggunaannya.
     Dalam unity Gui dingunakan dalam method:

             function OnGUI(){ .... }  // untuk  javascripts
             void OnGUI(){ ........ } // untuk c#
Untuk menambahkan gui kedalam game sobat kamu hanya tinggal memasukan script gui didalam method tersebut. Contoh:

      function OnGUI()
    {
    GUI.Label(Rect(10,10,100,100),"teks yang ingin ditampilkan");
     }
Keterangan:
-Label adalah variable member gui yang ingin ditampilkan, contohlainya : "Box, Windows, Button"
Selengkapnya bisa dilihat di halaman referensi unity
-Rect(10,10,100,100) adalah posisi dan ukuran dari gui tersebut (Rect(posisi.x, posisi.y, lebar.x, tinggi.y)

Untuk memanggil fungsi lain dalam fungsi gui bisa dilakukan dengan cara berikut:

function OnGUI()
{
TampilkanGUI(); // mengarahkan ke method TampilkanGUI
}
function TampilkanGUI()
{
     GUI.Label(Rect(10,10,100,100),"teks yang ingin ditampilkan");
}

Ok sekian postingan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya :D

by Indcreating at: 9:54 PM

0 Komentar Untuk "Pengenalan GUI dalam Unity3d"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, dilarang melakukan spam dan sara.

Contact Form

Name

Email *

Message *

^