Membuat AI (Musuh) dasar di Unity Menggunakan Script sederhana | IndCreate

Membuat AI (Musuh) dasar di Unity Menggunakan Script sederhana


    Ok jumpalagi di Indcreate :3, Postingan kali ini di tujakan khususnya untuk programer unity3d, karena kali ini ane mau share dan menjelaskan sedikitnya mengenai Ai script di unity.

Sebelumnya udah pada tahu kan Ai itu kyak gmn? Yup Ai itu tidak di kontroll oleh player melainkan bergerak sendiri. Dalam game Ai biasa juga di sebut bot bisa berupa musuh ataupun teman.


    Langsung saja ke topik utama kita dan ikuti dengan seksama
1. Buat projek baru Namanya terserah kalian, pastinya pilih versi 3d
2. Kemudian buat scane baru dan fokuskan view pada camera
3. Tambahkan plane dan capsule pada scane dimana Capsul ini nantinya akan menjadi AI
4. Klik tab project kemudian creat new file javascript dengan nama Aiset.js kemudian isikan script ini:

var distance;
var isItAttacking = false;
var target :Transform;
var lookAtDistance = 10.0;
var attackRange = 3.0;
 function Update () 
 {
 distance = Vector3.Distance(target.position, transform.position);
 
 if(distance < lookAtDistance)
 {
 isItAttacking = false;
 renderer.material.color = Color.yellow;
print("Kejar...");
lookAt ();// fungsi ini akan di eksekusi ketika ada player di dekat object ini
 }   
 if(distance > lookAtDistance)
 {
 renderer.material.color = Color.green; 
 }
 if(distance < attackRange)
 {
print("Serang....");
 attack ();//function ini akan di eksekusi ketika player berada di jangkawan serang
 }
 if(isItAttacking)
 {
 renderer.material.color = Color.red;
 }
} 

5. Simpan kemudian drag drop ke Ai atau capsule yang ada di scane

      Sebenernya pembuatan script ai sudah selesai cuman disini ane mau jelaskan sedikit tentang script di atas.

  Script di atas akan bekerja jika ada target dan jika target jauh dari lookAtDistance ai ini tidak akan melakukan apapun, tapi ketika target berada di lookatdistance dia bakal mengejarnya dak ketika berada di jarak serang dia bakal menyerangnya

PAntengin terus blog ini untuk tutorial selanjutnya ya :v
Sekian dan terimakasih :D

by Indcreating at: 5:36 AM

4 Komentar Untuk "Membuat AI (Musuh) dasar di Unity Menggunakan Script sederhana"

  1. Tenks infonya gan.saya mau nanyak gimana caranya ya gan kalo mau buat toko untuk penjualan hero seperti mobile legegend itu gan? Mohon bantuannya ya gan ini no hp saya gan kalo tau caranya kasi tau lewat no hp saya ya gan 087716929674 mohon bantuannya ya gan saya masih pemula baru belajar,makasih.

    ReplyDelete
  2. Tenks infonya gan.saya mau nanyak gimana caranya ya gan kalo mau buat toko untuk penjualan hero seperti mobile legegend itu gan? Mohon bantuannya ya gan ini no hp saya gan kalo tau caranya kasi tau lewat no hp saya ya gan 087716929674 mohon bantuannya ya gan saya masih pemula baru belajar,makasih.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, dilarang melakukan spam dan sara.

Contact Form

Name

Email *

Message *

^